Rabu, 11 Mei 2011

Tingkat Kemiskinan Brunei Darussalam dan Kamboja

BRUNEI DARUSSALAM
1. Potensi
Brunei Darussalam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang mengandalkan pertanian dan sumber daya alam sebagai utama devisa bagi negaranya. Kedua sumber tersebut merupakan hal yang sangat mutlak diperlukan oleh semua negara di dunia terutama bagi warga negaranya dimana terdapat kestabilan dalam perekonomiannya untuk mengatur jalur kehidupan masyarakat beserta warganya secara menyeluruh walaupun masih terdapat sebagian kecil masyarakat hidup dalam kemiskinan maka dari itu sultan has anal bolkiah memperlakukan pertanian persawahan baru-baru ini untuk menghidupkan dan mengembangkan masyarakat yang masih dalam kategori cukup. Potensi dari hasil sunber daya alam dan pertanian tersebut jika dikelola dengan baik maka akan meningkatkan perekonomian negara tersebut bahkan negara tersebut telah mencapai lebih taraf perekonomiannya tinggal dalam pelaksanaannya yang kurang.
Dimana kita ketahui sekarang ini harga bahan panggang dunia menjadi sangat mahal, dan jika hal itu dimanfaatkan oleh pemerintah Brunei Darussalam, maka dimasa mendatang Brunei Darussalam bisa menguasai perdagangan ke dua di dunia dalam bidang ekonomi terutama dalam hal perikanan dan pertanian. potensi utama yang bisa mendongkrak Filipina dimasa mendatang selain dari hasil pertanian dan perikanan adalah militer, personil militer Brunei Darussalam saat ini melakukan kerjasama dengan seluruh ASEAN terutama Asia Tenggara khususnya , serta sering melakukan pelatihan – pelatihan sehingga menjadikan personel yang terlatih, tangguh dan perkasa sehingga mambuat negara tersebut tetap optimis dalam pencapaian taraf hidup internasional yang berbasiskan global.
2. Analisa Bandingan
  • Kawasan
Sebagai salah negara di kawasan Asia Tenggara, Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang perekonomianya Ekonomi kecil yang kaya ini adalah suatu campuran keusahawanan dalam negeri dan asing, pengawalan kerajaan, kebajikan, serta tradisi kampung. Pengeluaran minyak mentah dan gas alam terdiri dari hampir setengah PDB. Pendapatan yang cukup besar pekerjaan luar negeri menambah pendapatan daripada pengeluaran dalam negeri. Kerajaan membekali semua layanan pengobatan dan memberikan subsidi beras dan perumahan. Pemimpin-pemimpin Brunei merasa bimbang bahwa keterpaduan dengan ekonomi dunia yang semakin bertambah akan menjejaskan perpaduan social dalam, walaupun Brunei telah memainkan peranan yang lebih kentara dengan menjadi ketua forum APEC pada tahun 2000. Rancangan-rancangan yang dinyatakan untuk masa kedepan termasuk peningkatan kemahiran tenaga buruh, pengurangan pengangguran, pengukuhan sektor-sektor perbankan dan pelancongan, serta secara umum, peluasan lagi asas ekonominya. Sistem penerbangan Brunei Diraja, sistem penerbangan negara, sedang mencuba menjadikan Brunei sebagai pusat perjalanan internasional antara Eropa dan Australia/Selandia Baru. Ia juga mempunyai layanan ke tujuan-tujuan Asia yang utama.
Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia satuan mata uangnya adalah Brunei Dolar yang memiliki nilai sama dengan Dolar Singapura.
Selain bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas, pemerintah Brunei mencoba melakukan diversifikasi sumber-sumber ekonomi dalam bidang perdagangan. Namun dalam waktu dekat usaha tersebut mengalami kebuntuan karena masalah internal kerajaan yang menurut sumber sumber media internasional dihabiskan untuk kepentingan pemborosan istana yang ketika dipegang oleh Pangeran Jeffry. Keadaan tersebut dapat menimbulkan masalah bagi perekonomian Brunei di masa yang akan datang akan tetapi Brunei tetap optimis bahwa perekonomian Brunei Darussalam maju pesat dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan lain-lain. Sekarangpun pertumbuhan ekonomi tumbuh begitu pesat apalagi harga minyak bumi, gas dan bahan pangan jauh meningkat tajam dari sebelumnya.
Hal ini terbukti dengan Brunei Darussalam sebagai salah satu negara pencetus terbentuknya organisasi regional kawasan yang dikenal dengan APEC. Hal-hal tersebutlah yang menguatkan Brunei Darussalam tetap optimis untuk bisa menjadi negara adidaya dimasa mendatang dibanding dengan negara lainya di kawasn Asia Tenggara.
  • Dunia
Brunei Darussalam tetap memiliki potensi untuk menjadi negara adidaya, dimana letak geogarfis Brunei Darussalam yang sangat strategis, yaitu dikawasan Asia yang menjadi jalur strategis bagi negara – negara di dunia dengan melakukan pajak bagi negaranya sehingga menambah dana buat negara. Asia adalah benua terbesar di dunia, jadi dengan menguasai terlebih dahulu perekonomian dan militer di Asia Tenggara, Brunei Darussalam dimasa mendatang bisa menjadi negara adidaya dengan menguasai perekonomian di Asia tenggara saja, dengan populasi yang begitu banyak tentu merupakan keuntungan tersendiri yang tidak dimiliki oleh semua negara di dunia ini.
Hasil sumber alam gas dan minyak bumi serta lahan pertanian dan perikanan yang begitu besar dengan kualitas yang baik, tentunya saja Brunei Darussalam dapat menjadi negara pengekspor bahan-bahan pertanian beserta sumber alam ke negara lain yang begitu besar. Walaupun negara kecil dengan kapasitas penduduk kecil ( 384.000 ) dan tenaga militer yang cukup tangguh akan tetapi Brunei tetap optimis dalam mancapai keberhasilannya mandatang.
3. Metode
Dengan adanya langkah – langkah dalam mengelola sumber perekonomian utamanya seperti hasil pertanian dan perikanan serta sumber daya alamnya dengan baik , maka Brunei tentu akan menguasai pangsa pasar di Asia yang notabenenya merupakan pengkomsumsi hasil pangan dan minyak bumi serta gas dan juga perekonomian dunia. Serta memanfaatkan situasi dunia yang tidak tentu seperti sekarang ini, dimana krisis pangan sedang melanda dunia. Melihat hal ini, Brunei harus lebih serius lagi memanfaatkan dan mengelola dengan baik sumber daya alamnya terutama dari hasil pangan dan minyak buminya. Karena kita tidak pernah tahu, dimasa mendatang bisa saja krisis pangan terjadi dan hal ini akan membuat permintaan terhadap hasil pertanian Brunei akan menjadi meningkat dimasa mendatang.
Setelah langkah tersebut maka jalinlah kerjasama dalam bidang kemiliteran dengan negara-negara di dunia. Sekarang ini Brunei dalam mencapai keberhasilannya tersebut yaitu dengan menjalin kerjasama pertahanan dan keamanan serta pelatihan bersama kepada Indonesia, ASEAN maupun Asia Tenggara itu sendiri dalam mencapai dan menuju ke sebuah yang di namakan adidaya ( Brunei tetap mengoptimiskan akan hal ini terjadi ) sebab tak akan mustahil negara kecil bisa menjadi negara besar apabila ia mempunyai kemampuan.

KAMBOJA

Sekarang kita menuju Kamboja.
Saat ini, kondisi negara miskin itu makin terpuruk karena gempuran bertubi-tubi; krisis keuangan dunia, pertambahan penduduk dan berkurangnya lahan pertanian. 
Kelompok pembangunan internasioanl dan LSM, baru-baru ini, menyatakan keprihatinannya setelah beberapa survei menunjukkan sekitar 30 persen penduduk negeri itu hidup dengan kurang dari lima ribu perhari.
Repoter kami, Khortieth Him, mengunjungi provinsi, di mana penduduknya tambah putus asa dengan kondisis saat ini.
Sementara di ibu kota Phnom Penh, ia menemukan banyak orang yang bermigrasi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, kerap tidak lebih baik kondisinya di ibukota.

3 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Harusnya indonesia bisa paling makmur di dunia krn seluruh kekayaan alam ada di negara ini tp sayang yg menguasai org asing Indonesia hnya menerima bagi hasil yg sangat kecil

    BalasHapus
  3. Harusnya indonesia bisa paling makmur di dunia krn seluruh kekayaan alam ada di negara ini tp sayang yg menguasai org asing Indonesia hnya menerima bagi hasil yg sangat kecil

    BalasHapus